Rabu, 31 Oktober 2018

Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software

Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software - Halo Sobat NapaRom, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software, khusus untuk sobat pembaca sedia blog NapaRom. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Tutorial, Artikel windows, Artikel windows 7, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software
link : Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software

Baca juga


Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software

Membuat Hotspot WiFi Windows 7 Tanpa Software

Apa itu Hotspot?

        Secara sederhana Hotspot saya artikan seperti ini: Jika kamu berpergian mengunjungi area publik atau tempat-tempat tertentu seperti misalnya mall, restoran, atau area kampus, kamu mungkin akan menemukan jaringan WiFi di sana. Kamu bisa mengkoneksikan dengan jaringan tersebut melalui perangkat seperti PC, laptop, ataupun smartphone kamu. Nah, area yang masuk di dalam jangkauan jaringan Wireless atau nirkabel tersebut dinamakan dengan Hotspot.

        Tetapi, dalam area hotspot tersebut sebenarnya kamu hanya menjadi client yang hanya sekedar “menumpang” di jaringan milik orang lain atau pihak lain tersebut.

       Lalu, bagaimana kalau ingin membuat jaringan hotspot sendiri yang pasti tentunya akan menjadi milik kita sendiri? Sangat gampang, jika kamu mempunyai smartphone Android misalnya, maka kamu bisa membuat hotspot sendiri dari smartphone Android kamu, untuk membagi koneksi jaringan internet dengan teman ataupun orang lain.

       Itu adalah salah satu contoh membuat hotspot dengan memanfaatkan fitur di smartphone dengan sistem operasi Android. Bagaimana jika ingin membuat hotspot di laptop atau PC Windows? Tentunya sangat mudah, kamu bisa saja menggunakan software khusus untuk hal itu, tetapi pada tutorial kali ini kita tidak akan menggunakan software, melainkan dengan memanfaatkan fitur command prompt atau CMD bawaan DARI Windows saja.
Cara Membuat Hotspot Melalui Command Prompt Windows 7

       Perlu diketahui bahwa untuk membuat hotspot di laptop atau PC tentunya kamu harus punya perangkat Wireless adaptornya. Perangkat tersebut bisa dibeli di toko komputer, yang umumnya dalam bentuk modem USB.


        Sedangkan untuk laptop, notebook, atau netbook yang pada umumnya sudah memiliki fitur WiFi di dalamnya tanpa software tambahan lagi dan bisa digunakan langsung tanpa melalui command promp atau CMD. Baiklah kita langsung saja, berikut cara membuat hotspot di command prompt atau CMD di Windows 7 tanpa perlu menggunakan software:

Langkah 1

Buka CMD : pada Start Menu >>pilih All Programs >> lalu pilih Accessories > >Command Prompt



Langkah 2

Pastikan kamu sudah dalam status user sebagai Administrator. Jika belum, maka sebelum membuka cmd, klik kanan terlebih dahulu pada cmd kemudian pilih Run as administrator.




Langkah 3

Setelah jendela command promp atau CMD terbuka, silahkan ketik perintah di bawah berikut kemudian tekan Enter :


netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaWifiKamu key=PasswordWifiKamu


Ganti ssid dan password sesuai keinginanmu sendiri. SSID digunakan sebagai nama jaringan WiFi kamu nantinya. Sedangkan untuk passwordnya minimal 8 digit bisa menggunakan campuran antara angka dan huruf.





Settingan awal sudah berhasil, selanjutnya kita mengaktifkan fitur ICS (Internet Connection Sharing) untuk mengaktifkan jaringan WiFi agar bisa terkoneksi dengan internet.


Langkah 4

Buka Control Panel lalu pilih >> Network and Sharing Center untuk membuka menu Network Connection. Klik kanan pada jaringan yang sudah terkoneksi ke internet lalu pilih >>Properties. Untuk contohnya di sini jaringan yang aktif dengan koneksi internet adalah “Mobile Broadband Connection 2”.





Langkah 5

Setelah jendela Properties terbuka, pilh tab >>Sharing. Kemudian klik atau centang pada checkbox untuk mengaktifkan fitur ICS. Dan pada menu Home networking connection pilih jaringan dari Wireless Adaptor yang sudah terinstall yaitu Wireless Network Connection 3. Jika sudah, klik OK.





Langkah 6

Settingan jaringan sudah berhasil, sekarang saatnya mengaktifkan jaringan WiFi yang sudah kamu buat tadi untuk mulai membuat hotspot. Kembali ke command promp atau CMD, dan ketik perintah seperti di bawah berikut kemudian tekan Enter

netsh wlan start hostednetwork





Langkah 7

Jika konfigurasi sudah benar, maka jaringan WiFi kamu akan aktif, dan siapapun yang masuk dalam jangkauan dari jaringan WiFi kamu tersebut akan bisa terkoneksi dengan komputermu, termasuk menggunakan internet kamu juga.


Langkah 8

Untuk mengeceknya, ataupun menghubungkannya kamu bisa lihat pada icon Network Connection di system tray pada perangkat lain, misal dari laptop kamu. Nantin akan muncul nama WiFi kamu sesuai dengan SSID yang sudah kamu buat sebelumnya.





Langkah 9

Dan terakhir untuk memastikan hotspot yang kamu buat sudah aktif dan sudah bisa digunakan kamu bisa mengecek di smartphone mu.






Untuk menonaktifkan atau menutup jaringan WiFi ini, cukup dengan mengetikkannya kembali di cmd dengan perintah berikut:

netsh wlan stop hostednetwork

Itu dia tutorial cara membuat jaringan hotspot sendiri di Windows 7 tanpa menggunakan software. Jadi, cukup hanya dengan mengandalkan command prompt atau CMD bawaan dari Windows dan WiFi Adaptor yang sudah terinstall bersama drivernya, kamu sudah bisa membuat jaringan hotspot sendiri selamat Mencoba.

Donasi Bitcoin : 1J3ho8o1A31AVcfCeRdSzWTcb8oUA43SA9





Sekian Artikel Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software

Sampailah kita pada akhir artikel Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Cara Share Hotspot WiFi di laptop Windows 7 Tanpa Software dengan alamat link https://naparom.blogspot.com/2018/10/cara-share-hotspot-wifi-di-laptop.html


EmoticonEmoticon